Rabu, 18 Mei 2011

menyiasati desain ruang rumah tinggal di lahan minimal


beberapa waktu terakhir, trend yang berkembang di bisnis property adalah rumah murah dengan desain terlihat wah. seperti rumah tipe 18, 21, 24, dsb. dengan luas tanah 5x12 m2.
untuk anda yang memiliki budget minimal, mungkin tawaran ini cukup menarik untuk diambil. namun seringkali pengerjaan dari sang developer tak sebaik yang diiklankan, sehingga kadang belum 3 bulan anda menempati rumah yang anda beli, sudah banyak timbul masalah di sana sini.
ada baiknya anda coba untuk hanya membeli kavling tanahnya saja, rumahnya anda sendiri yang membangun. selain desain rumahnya lebih "sreg" di hati anda, anda juga tahu berapa sebenarnya biasa membangun rumah sekelas itu, sekaligus dapat mengontrol sendiri kualitas pengerjaannya.
ada beberapa hal yang baiknya disiasati saat anda membeli kavling kecil seperti ini.

1. pada umumnya, GSB (garis sepadan bangunan) untuk kavling rumah kecil adalah 3 meter, untuk itu pergunakanlah dengan semaksimal mungkin untuk teras, taman dan car port. jika kavling anda berada pada komplek perumahan dengan sistem keamanan yang baik, saran kami jangan memakai pagar atau paling tidak pakailah pagar tanaman, agar rumah terlihat lebih luas dari depan.

2. pergunakan carport dengan ukuran 4.5 x 2.5 m2 kemudian desain teras depan sebisa mungkin jangan menggunakan kolom sebagai pemanis, agar tidak membuang ruang.

ilustrasi denah


3. jika budget anda mengharuskan membangun rumah satu lantai, baiknya gunakanlah desain rumah tumbuh, dalam arti nantinya, jika ada budget tambahan anda bisa membangun lagi tanpa merombak desain awalnya.

4. gunakan dinding bata/bata ringan dgn lebar 8 cm (finish setelah plaster 10 cm) untuk menghemat ruang yang terpakai untuk penyekat antar ruangan.

ilustrasi denah
ilustrasi denah lt.1 jika
berniat menambah lantai 2 


5. pergunakan furniture yang bisa dipindah-pindah, agar saat tidak diperlukan, bisa digeser/dipindah sehingga ruang bisa sedikit lapang.

6. gunakan furniture untuk memisahkan ruang dengan fungsi berbeda, misal antara ruang tamu dan ruang tivi dipisah dengan lemari/buffet tipis. sehingga jika sewaktu-waktu butuh ruang yang agak lebar, anda hanya harus memindah buffet tersebut, dan terciptalah dua ruang yang menyatu.

ilustrasi area movable furniture
ilustrasi denah
saat furniture dipindah


7. untuk kamar, gunakan furniture dengan tatanan agak tersembunyi (lihat ilustrasi), pintu masuk kamar juga ditekung ke dalam, sehingga tidak mengganggu sirkulasi ruang yang lain. selain itu, gunakan ukuran bed secukupnya, yang proporsional dengan ukuran ruang.

ilustrasi perletakan
hidden furniture di kamar

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar